Jumat, 05 Februari 2010

Membuat Animasi Ombak

Membuat Animasi Ombak


Tutorial kali ini adalah Tutorial Membuat ombak di flash, disini saya menggunakan Macromedia Flash 8...

1. Buka program flash 8
Ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels.
Ganti warna bacground menjadi warna hitam


2. Ganti warna fill color menjadi #336699 tutorial flash dan warna stroke dijadikan none tutorial flash

3. Klik rectangle tool tutorial flash untuk membuat airnya dengan mendragnya ke stage seperti gambar dibawah ini.
tutorial flash


4. Klik kanan di frame 15 lalu klik insert keyframe, Ubah gambar airnya dengan cara tarik ke atas menggunakan selection tool yang sebelah kiri tutorial flash
Gambarnya :
tutorial flash


7. Klik di frame 1 lalu pilih tween shape
tutorial flash
gambarnya
tutorial flash

Di frame 35 klik kanan insert keyframe, Ubah gambarnya seperti ini>>
tutorial flash


8. Klik Di frame 15 pilih tween shape


9. Lalu copy frame 1
caranya : klik kanan pada frame 1 dan pilih Copy Frames
kemudian Pastekan di frame 60


10. Klik Di frame 35 pilih tween shape
Seperti gambar dibawah ini:
tutorial flash
Selamat mencoba...(@_@)

Animasi Shine - Mobil Mengkilap Bercahaya

Animasi Shine - Mobil Mengkilap Bercahaya


Flash merupakan program untuk membuat animasi yang handal, Tutorial Flash kali ini adalah membuat efek animasi shine dan membuat mobil mengkilap bercahaya...

Para Pembaca yang budiman, belum punya mobil yang mengkilap tapi ingin membuat mobil anda jadi mengkilap tanpa biaya nah cuma di ilmugrafis kumpulan tutorial flash dengan tema mobil mengkilap bercahaya.

Langkah - Langkahnya:

1. Masukkan (import) gambar ke dalam stage
import gambar

misalnya gambar mobil seperti gambar di bawah ini
gambar mobil


2. Setelah gambar berada pada stage, atur besarnya stage sesuai dengan ukuran gambar yang telah di import tadi misalnya 500 px (width) dan 315 px (height)
setting


3. Ganti nama layer1 menjadi mobil
layer 1 setting

4. Tambahkan satu layer baru, kemudian ganti layer tersebut dengan nama efek.
efek

5. Klik icon rectangle tool ( tekan huruf R di keyboard ), kemudian gambar persegi panjang melebihi gambar mobil, seperti gambar di bawah ini.
mobil


6. Klik gambar persegi panjang yang telah dibuat tadi, kemudian ubah warna persegi panjang seperti gambar di bawah ini
setting

7. Kemudian untuk mendapatkan efek cahaya yang mengkilap, lakukan pengaturan warna persegi panjang seperti gambar di bawah ini
setting 3

8. Efek mengkilap telah selesai dibuat, kemudian langkah selanjutnya, tambahkan satu layer lagi, kemudian ganti nama layer tersebut dengan animasi
setting


9. Masih di layer animasi kill icon Pen tool
tool flash

10. Kemudian buatlah bagian yang akan dianimasikan misalnya seperti gambar di bawah ini.



11. Setelah area yang dianimasikan selesai dibuat, maka langkah selanjutnya yaitu klik kanan pada layer animasi pilih menu mask




12. Klik frame 30 pada setiap layer, kemudian tekan F6 untuk memberikan insert keyframe



13. Klik kanan antara frame 1 – 30 pada layer efek, kemudian pilih menu create motion tween





14. Klik frame 30 pada layer efek, kemudian pindahkan gambar persegi panjang ke sebelah kanan dari gambar mobil, seperti gambar di bawah ini


15. Tekan ctrl + enter untuk melihat hasilnya…
Preview in image mode
utorial Membuat taman MATAHARI, disini saya menggunakan Macromedia Flash 8...

1. Buka program flash 8
Ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels.
Ganti warna bacground menjadi warna warna biru #0099FF


2. buat 4 layer yaitu dengan nama: Rumput hijau, tiang, kotak nama, matahari


3. Di layer rumput hijau Klik rectangle tool tutorial flash ,untuk membuat rumput hijau dengan mendragnya ke stage seperti gambar dibawah ini.
tutorial flash


4. Klik di frame 1 pada layer: tiang lalu gunakan rectangle tool lagi untuk membuat tiang penunjuk arah ,
setelah selesai pembuatan tiangnya maka untuk pemberian garis tiang dan arah gunakanlah line tool setelah itu tekan tombol F8 dan beri nma tiang_mc
lihat gambarnya:
tutorial flash


5. sekarang klik frame 1 pada layer: kotak nama
Ganti fill color menjadi warna putih dan strokenya hitam lalu tekan tombol F8 dan beri nama Kotaknama_mc dan copy menjadi 4 lalu sesuaikan dengan gambar dan beri nama : jl. Grafis, jl.animasi, jl.film, jl.kartun.
lihat gambarnya:
tutorial flash


6. langkah terakhir, klik frame 1 di layer matahari ganti warna fill color menjadi #FFFF00 tutorial flash dan stroke dijadikan none tutorial flash gunakan rectangle tool
Untuk mebuat perputaran matahari buat 8 kotak panjang lalu urutkan seperti gambar lalu tekan F8 dan beri nama sun_mc
lihat gambarnya:
tutorial flash


7. Klik 2 kali pada objek sun_mc dan akan terlihat seperti gambar ini
tutorial flash


8. buat 1 layer lagi dan beri nama bulat
klik di frame 1 layer: bulat dan klik oval tool untuk membuat objek lingkaran klik kanan > insert keyframe di frame 60 lalu klik
klik kanan create motion tween di frame 30.
lihat gambarnya:
tutorial flash


9. klik di frame 1 layer 1
klik kanan > insert keyframe di frame 60
lalu klik pada frame 30 , klik di propertiesnya
tutorial flash


10. agar matahari terlihat dibelakang pindahkan layer matahari di paling bawah….
untuk membuat rumputnya gunakan line tool buat seperti gambar
tutorial flash
Selamat Mencoba>>>>@_@
Untuk melihat hasilnya tekan Ctrl + enter
hasilnya:

Kamis, 04 Februari 2010

multimedia

Pengertian multimedia
Multimedia adalah ilmu yang mempelajari pengolahan data yang berupa teks, suara, gambar, baik statis maupun dinamis. Multimedia juga dapat didefinisikan sebagai gabungan beberapa elemen. Yakni,
1. Elemen Teks
Terdiri dari huruf, nomor, dll. Aplikasi dari elemen teks adalah WORD PROCESSING. Yang meliputi, *Microsoft word, *Notepad, dan *Office org.
2. Elemen Graphic
Terdiri dari objek yang berupa garis- garis, kotak, bulatan, shading, fill colours. Aplikasi dari elemen ini adalah DRAW PROGRAM. Yang meliputi, *Corel draw, *Adobe illustrator, dan * Adobe flash.
3. Elemen Image (gambar)
Terdiri dari gambar statik hasil kombinasi banyak pixel. Aplikasi elemen ini adalah PAINT PROGRAM. Yang meliputi, * Adobe photoshop, * Scanner maching, dan * ms. Paint.
4. Elemen Audio
Terdiri dari Sound (suara) Seperti musik player, dll. Aplikasi elemen ini adalah RECORDING, yang meliputi * cooledit pro 2.0 Dan komponen PLAYER. yang meliputi, *Winamp, * Jet audio, * Real player, dll.


5. Elemen Visual
Terdiri dari susunan gambar yang digerakkan. Aplikasi dari elemen ini adalah VIDEO EDITING. Yang meliputi , * Adobe premiere, * Canopus edius, dan * Pinnacle studios. Dan ANIMASI, yang meliputi, * Adobe after effect, * Adobe potoshop, * Adobe Flash,*Ulead Video Studio.
Dalam pengerjaan Video Editing,disini saya menggunakan Ulead video Studio.
6.2 Pembuatan Animasi 3d max
1.Pembuatan Animasi Camera
-Langkah pertama dalam pembuatan Animasi kamera adalah tersedianya objek yang akan di sorot.
-buat target kamera,agar kamera lebih luas peresfektifna atur yaitu LENS=24 (Semakin lens semakin luas bidang pandang.
-Untuk memulai animasi klik tombol AUTOKEY
-Pastikan frame slider ada di awal animasi.
-Aktifkan pandangan kamera.aktifkan viewport presfektif lalu tekan tombol C di keyboard,atau klik kanan label/teks prespektife,menu views kamera 01.
-Untuk mengatur jauh dekat pandanganya gunakan tool dolly.
-Geser frame slider.
-Atur pandangan viewport kamera.

2.Pemberian material pada objek
-Rendering material editor,aktifkan slot 1 ata slot yang masih kosong di tab maps,aktifkan show maps in viewport.
-Aktifkan checkish opacity lalu klk none dan ganti dengan bitmap,ok

3.Render cahaya dengan video post
Hasil render dengan F 9 adalah render murni tanpa efek video.agar hasil render di poles dengan effect seperti effect di Adobe After Effect atau premiere,di 3D Studio max di sediakan pula effect yang di sebut VIDEO POST.
- Klik menu rendering Video post,klik tool add scene event untuk memilih viewport yang akan di beri effect.
-Pilih view:Camera 01,ok
-Untuk memberi effect pada viewport camera,klik tool add image filter event.
-Pilih filter plugins lens:Lens Effects Glow,OK
-Untuk mengatur effect lens effects glow tersebut,di Queue,
Doble klik Lens Effects Glow.
-Tampil kotak dialog Edit Filter Event,klik tombol setup.
- Tampil kotak dialog Lens Effects Glow,Aktifkan tombo VP Queue dan tombol Preview,objek ID=1.OK
4.Rendering Still Image di Videopost
-Untuk melihat hasil rendernya,di kotak dialog VideoPost,klik tool/icon Execute Sequence.
-Aktifkan parameternys sebagai berikut time output single frame(missal)70,klik tombol render .
5.Rendering Animasi di VideoPost
-Untuk render animasi format AVI,di kotak dialog VideoPost,
Pastikan di Queue tidak ada yang seleksi aktif sebagai berikut,lalu klik tool add image output event.
-Maka anda di minta menentukan file,folder,jenis atau format file dan kompresi video hasil render sebagai berikut.OK
-Kompresi terbaik gunakan Uncompress,Jika ingin lebih hemat dan cepat gunakan Indeo Video 5.10.
-Untuk melihat hasil rendernya ,klik tool Execute sequence
-Tampilan Eexecte videopost,agar merender animasi,atur parameter Range 0 to 150 dan Resolusi yang anda inginkan (untuk video CD PAL : 352X288)Jika sudah benar klik tombol render.
-Saatnya menunggu proses Rendering.sambil menunggu prosesor bekerja keras,anda dapat mengerjakan hal-hal positif lain.
6.3 Pengeditan menggunakan Adobe potoshop
1.TEKNIK CROPING
Teknik croping adalah teknik untuk mengambil sebagian dari keseluruhan gambar sehingga kita mendapatkan gambar yang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan kita ingin mengambil salah satu gambar dari foto sekumpulan orang maka kita bisa menggunakan teknik ini.

Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan gambar yang akan di croping
2. Buka gambar tersebut dengan program photoshop, disini saya menggunakan photoshop 7, namun bagi anda yang sudah menggunakan Photoshop CS caranya sama saja,
[klik kanan] gambar > open with "pilih" Photoshop atau
Start > All Program > Photoshop 7 > File > Open > cari gambar yang diinginkan
3. Pada Toolbox yang terdapat di sebelah kiri kamu cari icon bergambar seperti ini
"Crop Tool" atau tekan tombol [C]
4. Letakkan pointer di kanvas dan cari bagian yang diinginkan untuk di croping
Setelah itu tahan [klik kiri] dan geser sehingga terbentuk sebuah kotak crop
Croping Area Terseleksi
keterangan:
Bagian yang terang adalah bagian yang akan kita ambil gambarnya sedangkan bagian yang redup adalah bagian yang akan kita buang.
Fungsi Tehnik Croping:
Untuk menyeleksi gambar dan memilih gambar secara khusus.
2.MEMBUAT KOBARAN API
1. buat lembar kerja baru (800x600) beri background warna hitam

2. beri coretan dengan menggunakan Brush Tool (lihat gambar):


3. kemudian dengan smodge tool corat-coret sesuai dengan keinginan anda(bisa dimodifikasi) lihat gambar:


hasilnya
4. agar kobatan apinya lebih panas kita tambahkan lagi coretannya dengan Brush Tool tentunya:


5. Ini dia hasil akhirnya kira - kira seperti ini:


6. Bisa juga dimodip kayak gini







6.Tapi anda juga bisa menabahkan sesuatu,misalkan foto:


akhir

3.Membuat Efek Foto Bias Pelangi
langkah langkahnya adalah sebagai berikut:
-Cari gambar yang ingin ditambahkan bias pelangi,

-Buat duplikat dari Background Layers dengan meng [kilik kanan] palete layer "Background" - Duplikat layers - Ok
Background terduplikasi
-Pada Toolbox di sebelah kiri kalian cari Gradien Tool yang letaknya berada di kolom ke 2 baris ke 6 (1)
Pilih gredien dan pilih mode pelangi (2)
Kamu blok gambar kamu sehingga tertutup oleh Gradien tersebut
Caranya letakkan pointer pada gambar lalu tahan [klik kiri] dan buatlah blok sehingga gambar tertutup cahaya pelangi
-Lalu tinggal finishing touch Finishing Touch dengan mengubah layer mode yang terletak di jendela layers pilih “colour”.






6.4 Pengeditan Mengguanakan corel Draw
Berdasarkan pada objek desainnya, desain grafis dibagi menjadi dua kelompok, yakni desain bitmaps dan desain vektor ( baca artikel: perbedaan dan persamaan bitmap dengan vektor grafis ) . Desain bitmap bekerja dengan bitmap yang tersusun dari pixel-pixel warna dan raster yang membentuk sebuah objek. Sedangkan desain vektor bekerja dengan gambar yang tersusun dari vektor atau garis.
Pada objek bitmap jumlah pixel dalam gambar sangat mempengaruhi kualitas gambar, semakin banyak jumlah pixel yang membentuk gambar, akan semakin jelas detail gambar, sebaliknya gambar akan tampak buram atau kasar (juggy) bila jumlah pixel yang membentuk gambar sedikit.
Pada desain vektor, jumlah pixel tidak mempengaruhi gambar, karena gambar vektor tersusun dari garis yang membentuk sebuah image yang menghasilkan warna yang solid. Tampilan image tidak mempengaruhi kualitas gambar.
Corel Draw 12 merupakan aplikasi untuk menyunting/ menggambar objek berbasis vektor, mulai dari pembuatan logo yang sederhana sampai pada pembuatan ilustrasi yang rumit juga mampu untuk pembuatan pekerjaan yang berkaitan dengan banyak naskah pengetikan seperti pembuatan brosur atau layout halaman.Corel draw selain mengolah gambar berbasis vektor, mampu pula mengolah gambar berbasis bitmap dengan hasil yang tidak kalah dengan program bitmap. Tak heran jika aplikasi Corel Draw menjadi sangat populer dan banyak dipergunakan oleh para setter dan desainer untuk membuat hasil karyanya, disamping aplikasi pengolah vector yang lain seperti Adobe Illustrator.
Ditengah maraknya dunia jasa percetakan (grafika) dewasa ini, membuka peluang pula bagi usaha jasa setting komputer yang melayani pembuatan desain pra cetak, mulai dari desain logo perusahaan, kop surat, memo, nota, kwitansi, kartu nama, undangan , brosur, poster dll. Dan Corel Draw merupakan aplikasi yang tak asing dan menjadi teman setia bagi para setter (desainer) untuk melayani kebutuhan para pelaku jasa percetakan.
Adapun contoh hasil dari pengeditan/pembuatan dengan menggunakan CorelDraw adalah sebagai berikut:

























6.5 cara setting TP-LINK TLWA601
Bagi yang kebingunan cara nyetting Access Point dengan Merk TP-LINK seri TL WA601 G, begini caranya.. mudah dan cepat.
Setting Client, (update berikutnya tentang AP buat hotspotan)
1. ubah IP komputermu menjadi 192.168.17.2 dengan subnet mask 255.255.255.0 cara mengubahnya : control panel -> network connection -> Local Area Network -> properties -> TCP/IP -> properties
2. buka web browsermu kemudian ketik 192.168.1.1 (ini IP default Radio tersebut) dan masukan user : admin, pass : admin
3. pilih menu wireless kemudian pilih basic setting
4. pilih client dan masukan SSID dan MAC yang anda maksudkan, apabila anda belum yakin dengan nama SSIDnya anda bisa mencarinya lewat tombol surver yang berada di paling bawah menu, namun sebelumnya perlu di ingat untuk memilih option client terlebih dahulu



5. klik tombol survey.
6. klik tombol connect
7. kembali ke awal menu dan centang pilihan reboot, kemudian klik tombol save.

6.6 PEMBUATAN COMPANY PROFILE
Dalam pembuatan company profile suatu perusahaan. Saya mengunakan ulead sebagai editing video dari sebuah pembuatan animasi dengan menggunakan 3D Max. Alasan mengapa menggunakan ulead,karena ulead lebih simple,mudah,ringan dan sangat mudah untuk proses editing.nah sekarang apa definisi dari company profile itu sendiri?

Definisi company profile dibagi menjadi dua bagian,yaitu company dan profile,dikutip menurut kamus besar bahasa indonesia oleh departemen pendidikan dan kebudayaan

"Company yaitu perusahaan dan profile adalah grafik atau ikhtiar yang memberikan fakta tentang hal hal yang khusus"

Dengan demikian pengertian dari dua kata tersebut adalah grafik atau ikhtiar yang mem memberikan fakta tentang hal hal yang khusus dari sebuah perusahaan untuk menunjukkan identitas dan ciri dari perusahaan tersebut. dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian dari Company profile adalah"rekaman,gambaran mengenai grafik atau ikhtiar yang memberikan fakta tentang perusahaan untuk menunjukan identitas atau ciri dari perusahaan tersebut yang ditayangkan melalui media cetak maupun visual".



Dalam pembuatan company profile suatu perusahaan. Saya mengunakan ulead sebagai editing video dari sebuah pembuatan animasi dengan menggunakan 3D Max. Alasan mengapa menggunakan ulead,karena ulead lebih simple,mudah,ringan dan sangat mudah untuk proses editing.nah sekarang apa definisi dari company profile itu sendiri?

Definisi company profile dibagi menjadi dua bagian,yaitu company dan profile,dikutip menurut kamus besar bahasa indonesia oleh departemen pendidikan dan kebudayaan

"Company yaitu perusahaan dan profile adalah grafik atau ikhtiar yang memberikan fakta tentang hal hal yang khusus"

Dengan demikian pengertian dari dua kata tersebut adalah grafik atau ikhtiar yang mem memberikan fakta tentang hal hal yang khusus dari sebuah perusahaan untuk menunjukkan identitas dan ciri dari perusahaan tersebut. dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian dari Company profile adalah"rekaman,gambaran mengenai grafik atau ikhtiar yang memberikan fakta tentang perusahaan untuk menunjukan identitas atau ciri dari perusahaan tersebut yang ditayangkan melalui media cetak maupun visual".
Adapun langkah dalam pembuatan company profile persi saya adalah sebagai berikut:

1.Menyiapkan data-data perusahaan misalkan foto dan video perusahaan
2.Bukalah program ulead,hal pertama dalam pembuatan company profile mungkin adalah intro,dalam pembuatan intro saya menggunakan 3DMax.setelah membuat intro kita harus merendernya terlebih dahulu supaya file tersebut bisa di buka di program lead karena ulead tidak bisa membuka format.MAX,anda harus mengubahbahnya misalkan kedalam format AVI.
simpan misalkan didata D.
3.di ulead kita buka file intro tadi,kita drag intro tersebut ke area penyusunan sccene,anda bisa melakukan berulang,misalnya memasukan foto,audio/rekaman,music,t
ext dan efek.
4.Setelah beres menyusun kita share projek tersebut kedalam bentuk AVI atau MPEG.
6.7 PEMASANGAN KABEL JARINGAN/UTP
Dalam pemasangan kabel jaringan kita harus mempersiapkan dulu alat-alatnya,antara lain:
1. Kabel
2. Tang pemotong/crimping
3. Konektor
4. Tester/alat yang digunakan untuk mengetes konek atau tidaknya kabe tersebut/ LAN TESTER – alat untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel. Untuk tipe straight jika benar maka led 1 sampai 8 berkedip

Waktu akan memasangnya, maka potong ujung kabelnya, kemudian susun kabelnya trus diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan kabel jaringan yaitu dalam memasukan kabel kedalam konektor jangan sampai terbalik.adapun susunan kabel jaringan yang saya gunakan adalah susuanan standar:
1. Putih orange-orange
2. Putih hijau-biru
3. Putih biru-hijau
4. Putih coklat-coklat.





6.8 Cara Merakit Komputer
Persiapan
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:
1. Penentuan Konfigurasi Komputer
2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
3. Pengamanan
Penentuan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.
Persiapan Komponen dan Perlengkapan
Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:
• Komponen komputer
• Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
• Buku manual dan referensi dari komponen
• Alat bantu berupa obeng pipih dan philips
Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi. Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.
Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan. Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.
Perakitan
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
1. Penyiapan motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul Memori
5. memasang Motherboard pada Casing
6. Memasang Power Supply
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card Adapter
10. Penyelesaian Akhir

1. Penyiapan motherboard
Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.
2. Memasang Prosessor
Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket
1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
4. Turunkan kembali tuas pengunci.

Jenis Slot
1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak
Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot.
3. Memasang Heatsink
Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.
4. Memasang Modul Memori
Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM
1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.
Memasang RAM
Jenis DIMM dan RIMM
Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan
1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.



5. Memasang Motherboard pada Casing
Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut:
1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
2. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.
6. Memasang Power Supply
Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:
1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
2. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.
1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
2. Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
3. Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
4. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
5. Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
6. Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.
8. Memasang Drive
Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut:
1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.



9. Memasang Card Adapter
Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya. Cara memasang adapter:
1. Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
2. Pasang sekerup penahan card ke casing
3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.
10. Penyelessaian Akhir
1. Pasang penutup casing dengan menggeser
2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
3. Pasang konektor monitor ke port video card.
4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
6. Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.


Pengujian
Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:
1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.


Penanganan Masalah
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
-Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
-Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/
LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahanpemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung.

6.9 INSTALASI

MENGINSTAL WINDOWS XP
1. windows xpCara
2. collection installatioinstalln
3. intallation type :upgrade (recommended)
4. lalu next
5. accept this agreement
6. lalu next
7. tulis kode :
7QVT6-T27738-WRKJB-YKRFQ-XVK98
8. pilih next
9. pilih :show me hadware issues and a limited set of software issues (recomended)
10. lalu next
11. pilih no,skip exiting install windows (recomended)
12. Next
13. lalu tunngu (loading)
14. ok
15. ok
16. helpprotect my PC by turing on outomotic
17. ketik your name
18. next
19. finish













Langkah-langkah menginstall Photoshop
1. pada adobe photoshop, klik setup beberapa kali
2. klik next
3. next, lalu pulih bahasa
4. pilih Accepy
5. masukan no s/n : 1131-1118-1023-7953-8858-7003
tulis judul pada tittle
isi nama depan pada first name
isi nama belakang pada last name
tulis perkumpulan/ tempat kerja pada company
6. klik next
7. pilih yes untuk registrasi
8. klik next
9. next
10. next
11. next, tunggu proses penginstallan
12. kalau sudah, klik exit
13. klik next
14. pilih remind me, pilih on next launch, lalu klik next
15. next
16. finish
17. exit
18. OK


Langkah-langkah instalsi windws 98:
1. nyalakan komputer
2. klik del
3. pilih ‘Advanced Bios Features’
4. pilih “first bot device CD room”
5. klik Esc
6. masukan CD software windows 98
7. tekan Esc, lalu Quit, kemudian klik yes (y)
8. boot from CD room
9. pilih pilihan yang bertujuan untuk mempartisi yaitu n 2 lalu start komputer with CD room support, tunggu saat loading..
10. pada prgam DS ketik: Fdisk fdisk>
11. tekan yes (y)
12. lihat artisi yang telah anda buat da menu n 4
13. enter choice : [E] untuk mendelete Extended dan primary
14. enter ch



CARA MEMBUAT WORD PADA BACKGROUND
1. Buka icon galleri
2. Pilih background yang diinginkan
3. Double klik
4. Klik kanan pada mouse
5. Klik insert
6. Klik background
7. Pilih page untuk menampilkan pada suatu halaman ,sedangkan jika kita pilih parangraf untuk menampilkan pada parangraf .
Menginstal Linux SUSE
8. Masukkan CD linux SUSE ke CD Room
9. Masukkan ke bios
10. Boot from sequence ,ganti cd room c.a
11. lalu keluar & save
12. Tekan F1
13. Masuk SUSE
14. Pilih Instalation
15. klik next
16. Klik accept
17. klik yes install
18. tunggu proses penginstalan
19. Isi data –data yang ada :
CARA INSTALASI OFFICE 2000

1. masukan CD ke Cdroom
2. buka my computer
3. klik removed E
4. klik setup
5. tunggu proses penglnstalan
6. dan next
7. I accept the themss in the ircence agrement
8. klik OK
9. please enter your coustumer information
user name
intials
organization
cd key
GC6J3-GTQ62-FP876-94FBR-D3DX8
10. klik next
11. pilih I Accept the terms in the licence agreement
12. lalu klik next
13. klik install now
14. tunggu proses install office 2000
Cara simpel untuk install ulang Komputer:
1. Masukin CD/DVD Windows, kalau muncul menu, diclose aja.
2. Restart komputer
3. Pas logo motherboard muncul, masuk ke config (biasanya del, atau F2, atau F4, dll tergantung jenis BIOSnya), set first boot ke CD/DVD-ROM. Note: Pada motherboard2 tertentu biasanya ada boot menu yang memungkinkan kita untuk melakukan boot dari hardware tertentu tanpa perlu masuk ke dalam config BIOS yang membingungkan.
4. Habis itu biasanya ada tulisan, "Press any key to boot from CD." Tekan tombol sembarang.
5. Tunggu komputer meload content dari CD. Ikuti instruksi2 yang muncul, misalnya menyetujui EULA, dll.
6. Habis detecting previous OS version, biasanya ada pilihan repair atau don't repair. Pilih yang don't repair.
7. Habis bakalan muncul harddisk2 yang terhubung ke PC.
8. Delete partisi2 yang ada.
9. Buat partisi2 yang baru. Jumlah dan ukuran partisi tergantung keperluan.
10. Tekan enter pada drive tujuan instalasi Windows dan anda akan disuguhkan sebuat menu formating. Sebaiknya menggunakan NTFS, karena masalah kompatibilitas dan keamanan (sistem partisi NTFS memiliki support terhadap kompresi data yang lebih baik dan encrypt data), dan terlebih lagi (menurut saya) lebih cepat.
11. Tunggu sampai format dan proses pengcopyan data ke dalam harddisk selesai.

12. Restart komputer.

13. Setting komputer untuk boot dari harddisk kembali.

14. Sampai di sini anda sudah 80 persen dalam proses instalasi Windows.

15. Ikuti instruksi2 (setting jam, setting bahasa, dll) sampai akhirnya anda diharuskan melakukan restart dan sampai saat ini proses penginstalasian sudah selesai.

16. Ini hanya tahap permulaan, karena pada akhirnya anda harus direpotkan lagi dengan menginstall driver dan software2 yang bejibun banyaknya


Pastikan anda sudah:
1. Backup data2 penting, My Documents, music, pic, video, dll.
2. Backup data2 jadwal, calendar, meeting, appointment, dll.
3. Backup bookmark website2 favorit.
4. Backup setting2 software dll.
5. Menyiapkan CD dan file instalasi driver dan software.
6. Dan yang paling penting anda sudah menyiapkan CD/DVD Windows.













BAB VII
PENUTUP
7.1 Kesimpulan
7.1.1 Umum
Dengan melaksanakan PRAKERIN,maka para siswa dapat mengambil manfaatnya,
Yaitu bertambahnya pengalaman dalam melakukan suatu pekerjaan di lapangan,pengenalan situasi dan kondisi dari dunia kerja yang sebenarnya,dan bertambahnya pengetahuan serta keterampilan.
Selama melaksanakan PRAKERIN Kami merasa masih banyak kekurangn dalam ilmu pengetahuan dan keteranpilan yang dimiliki dalam bidang kerja di lapangan,bahkan sangat kurang bila dilihat dari perkembangan teknologi yang terus maju dengan pesat.
Sebagai siswa teknik yang berwawasan ilmiah akan kemajuan teknologi tersebut harus diikuti,sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai disiplin ilmu yang ditekuni,serta menumbuh kembangkan sikap professional dan merupakan orientasi pembekalan bagi siswa sebelum menjadi lulusan yang akan terjun ke masyarakat ataupun ke lapangan kerja.

7.1.2 Khusus
Program komputerisasi dijajaran perusahan swasta dan pemerintah di dalam tata laksana operasionalnya,telah sejak lama bahkan populer untuk memberikan pelayanan data bagi kepentingan intern perusahan maupun keperluan masyarakat luas.
Bagian dari lingkungan masa kini dan masa depan adalah jaringan LAN (Local Area Network).LAN merupakan bagian dari komunikasi data,bila di definisikan adalah sebuah jaringan/network dengan sejumlah computer yang lokasinya masih satu gedung.

PT PERTAMINA AG KAMOJANG memandang perlu melakukan analisa kualitas strategi terhadap pola penguasaanyang diinginkan dengan memperhitungkan kondisi perusahaan saat ini dari pengaruh lingkungan baik pengaruh nasional maupun Global.
Kondisi ini mendasari pembangunan LAN di lingkungan PT PERTAMINA AG KAMOJANG yang dalam pengembangan dan implementasinya sangat memperhatikan perkembangan teknologi tepat guna, efisien dan dapat mendorong terciptanya sumber daya manusia yang aktf, kreatif, dan inopatif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang.




sebagian istilah dari jaringan

Istilah pada Jaringan
-Pengertian Router
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Daftar isi :
1 Fungsi
2 Jenis-jenis router
3 Router versus Bridge
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Analogi Router dan Switch

Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch adalah switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.
Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.
Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.

2.Jenis-jenis router
Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan.
dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.
3.Router versus Bridge
Cara kerja router mirip dengan bridge jaringan, yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan data-link), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni MAC address.
Lalu, kapan penggunaan bridge jaringan dilakukan dan kapan penggunakan router dilakukan? Bridge, sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang sama (sebagai contoh: segmen jaringan berbasis IP dengan segmen jaringan IP lainnya). Selain itu, bridge juga dapat digunakan ketika di dalam jaringan terdapat protokol-protokol yang tidak bisa melakukan routing, seperti halnya NetBEUI. Sementara itu, router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang berebeda (seperti halnya untuk menghubungkan segmen jaringan IP dengan segmen jaringan IPX.) Secara umum, router lebih cerdas dibandingkan dengan bridge jaringan dan dapat meningkatkan bandwidth jaringan, mengingat router tidak meneruskan paket broadcast ke jaringan yang dituju. Dan, penggunaan router yang paling sering dilakukan adalah ketika kita hendak menghubungkan jaringan kita ke Internet.
-Model OSI adalah suatu dekripsi abstrak mengenai desain lapisan-lapisan komunikasi dan protokol jaringan komputer yang dikembangkan sebagai bagian dari inisiatif Open Systems Interconnection (OSI).
-hub dan switch
secara konseptual berbeda layer pada model OSI, sehingga mengakibatkan
perbedaan cara kerja. Perbedaan cara kerja ini menjadi perbedaan mendasar antara
hub dengan switch. Perbedaan ini pula mengakibatkan transfer data switch lebih
cepat daripada hub karena switch langsung mengirim paket data ke komputer
tujuan, tidak mengirim ke seluruh port yang ada (broadcast) sehingga bandwidth
yang ada pada switch dapat digunakan secara penuh.
Pada saat ini jika kita merancang suatu jaringan komputer dengan topologi
star sebaiknya menggunakan switch. Jika masih ada jaringan komputer yang
menggunakan hub, sebaiknya diganti dengan switch. Hub yang tidak terpakai dapat difungsikan sebagai repeater.


- Mainframe computer atau komputer mini
Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.
-Modem : adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya.